>Musim Hujan Tiba

>

Setiap Sore sepulang sekolah udara terasa panas luar biasa, dan awan hitam menggantung di mana-mana, inilah pertanda bahwa musim hujan telah tiba. Ada fenomena rutin yang sering dialami oleh masyarakat perkotaan di Indonesia, yaitu pada saat musim hujan tiba terjadi genangan air yang berlebihan, saluran-saluran air penuh, terjadi banjir,  kondisi ini telah rutin dialami.
Pada setiap perkotaan yang rutin menghadapi banjir ini melalui PEMDAnya masing-masing telah melakukan berbagai metode untuk menanggulangi banjir. Entah karena memang metode yang digunakan belum sesuai, atau mungkin kekurang seriusan dalam menangani persoalan ini.sehingga persoalan ini tidak ada tuntasnya.
Pertumbuhan pembangunan yang cukup pesat, kurang dibarengi dengan perencanaan perkotaan dengan matang, izin mendirikan bangunan begitu mudahnya diterbitkan, tanpa melihat dampak lingkungannya, sosial dan kemasyarakatan. Banyak lokasi yang sebelumnya merupakan kantong air telah disulap menjadi lokasi perumahan ato pertokoan.
Sistem drainase yang tidak saling terhubung, ditambah lagi dengan metode pemeliharaan sarana drainase yang tidak berkesinambungan sehingga banyak saluran air yang mampet. Kemudian banyaknya masyarakat yang membuang samapah disungai, sehingga mengakibatkan saluran air tersumbat saat musim hujan
Ini dipicu lagi dengan proses pergantian pimpinan di daerah setiap 5 tahun yang mungkin saja pola pengambilan kebijakan dalam menangani banjir berbeda sehingga menjadi kurang efektif. Karena program yang lama biasanya ditinggalkan dan membuat program baru lagi. Tadi malam, ketika aku keluar malam untuk sebuah urusan, air tergenang dimana-mana,ups tiba-tiba dari depan sebuah sepeda motor melaju kencang ke arahku dan jadilah aku basah kuyup , terpercik oleh air, ingin memaki tapi nggak tahu memaki siapa, terpaksa pulang dengan mengurut dada, Kapan ya Indonesia bebas banjir?
Iklan

Diterbitkan oleh

47 tanggapan untuk “>Musim Hujan Tiba”

  1. >salam sahabatehm kalo dihubungkan dengan pemda meminimalisir akibat hujan kayaknya negri kita butuh sokongan yang terdepan untuk mengatasinya mas,ya semoga aja berjalan dengan baik….bener ga ya?thnxs this info n good luck ya

  2. >indonesia bebas banjir, anara lain kalau manajemen pengaliran airnya dilakukan dengan baik, hutan-hutan tidak gundul, DAS tidak dijadikan tempat membuang sampah, daerah resapan air tidak dihilangkan, katanya. Mari kita berpikir postif dan berbuat positif untuk lingkungan kita. Nice post.

  3. >Memang marah dan kesal tapi, tak bisa diluahkan ke siapa. Semoga ke depannya negeri kita lebih baik lagi. Tapi, di Malaysia bener-bener lagi musim puanas banget 😦 Subhanallah…

  4. >dulu, kalo musim hujan buat pengantin baru katanya enak, skrng buat pengantin baru kalo musim hujan jd was-was, he….he…. sy doakan semoga lain kali kalo lg keluar bukannya terpercik air lg ya sob, tapi TERPERCIK REJEKI buat sob.

  5. >tempatku tambah satu musim bang, musim mati lampu… heran nih…..Oya bang ada hujan tag nih….. diambil yahhttp://cozyeslife.blogspot.com/2010/02/kado-dari-sahabat.html

  6. >Benar sobat, sistem draines kita emang kacau, juga kesadaran masyarakat akan lingkingannya sendiri. Ya, kalo banjir rasain aja sendiri, hehe… Salah sendiri buang sampah sembarangan, ilegal loging seenaknya, membangun vila di daerah penyangga hujan, dll. Ya, pasti akan mengakibatkan banjir

  7. >keknya banjir gak bisa di tanggulangi karena metode saluran sudah salah juga masyarakat sediri pun gak bisa menjaganya,pa liat di sungai2 di perkotaan penuh dengan sampah,sampah ini membuat aliran sungai tersumbat sehingga tiba musim hujan air sungai meluap menggenangi jalan bahkan perumahan

  8. >kita ajak org utk nanam 1 pohon aja bangnb :kita berbagi kebahagian bersama sehubungan ultah Blogger Bertuah Pekanbaruhttp://www.attayaya.net/2010/02/blogger-bertuah-pekanbaru-milad-dan.html

  9. >Bisa jadi kerusakan lingkungan dewasa ini bisa karena salah penanganan juga bisa karena sikap masyarakat yg kurang peduli terhadap lingkungan seperti buang sampah sembarangan dsb..

  10. >Ikut nimbrung nih.. kerusakan lingkungan selama ini dilihat dari segi demografi.. bisa akibat dari banyaknya penduduk terutama di kota2 secara keseluruhan penduduk Indonesia kan no 4 didunia.. bayangkan saja setahun hampir 4-5 juta bayi lahir di bumi pertiwi ini.. jml penduduk di kabupatenku saja hanya 1,2 juta jiwa.. berati berapa kabupaten tuh.. haha

  11. >malik ar'asyNama saya herma.kasus yang saya alami dapat di lihat dihttp://www.intimidasike1.blogspot.com< dari hp/pc anda >Saya sangat butuh bantuan hukum dan bantuan pencarian bukti bukti danarsip arsip yang ada hugunganya dan sangkut pautnya dengan kasus yangsaya alami.Bila saudara punya maka dapat menghubungi awanabdulherma@gmail.comTerima kasih atas perhatianyaSalam kena

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s