>Jangan membenci orang yang berbuat jahat kepadamu

>

Sekarang saya ingin memposting sebuah hal yang mungkin mustahil inilah pengalaman yang dapatkan ketika beberapa hari ini di dunia nyata saya telah mati-matian bekerja dan berbuat baik untuk beberapa orang tetapi hal itu tidak dihargai malah mereka membalasnya dengan cibiran dan perkataan sinis serta mulai menyebarkan perkataan fitnah buat saya,dan parahnya mereka adalah orang-orang yang dekat dengan saya sehari-hari
Jadi sedikit stress dan kehilangan semangat, lalu saya meminta nasehat pada seorang agamawan, inilah sedikit nasehatnya untuk saya
“Aku selalu heran berapa banyak beberapa orang tampaknya menikmati suatu alasan untuk membenci, membalas dendam. Apa gunanya? kenapa benci ? benci biasanya tidak menghasilkan hasil yang positif bukan? sepertinya buang-buang energi bagi saya. Kalau saja kita bisa menyalurkan semua energi emosional itu menjadi sesuatu yang sedikit (atau banyak) ke arah yang lebih positif, produktif dan praktis. Tidak ada yang bisa melebihi kebenaran. Apakah sesuatu yang baik datang dari kemarahan, kepahitan dan kebencian jangka panjang? Saya kira tidak, jadi tunjukkanlah kebaikan dengan membalas perbuatan mereka dengan kebaikan, maka lambat laun mereka akan sadar dan dengan sendirinya dan menghentikan perbuatan jeleknya kepada anda”.
Saya jadi ingat sirah nabawiyah betapa Nabi mencintai sesama manusia bahkan dengan orang yang berlainan iman sekalipun, ketika seorang Yahudi setiap hari menaruh kotoran didepan rumahnya, beliau tidaklah marah, dendam atau membenci bahkan Beliau merasa heran ketika suatu hari kotoran itu tidak ada lagi, beliau berpikir ada apa dengan orang itu, lalu Rasulullah mengunjungi rumahnya, rupanya orang itu lagi sakit dan Rasul lah orang yang pertama mengunjunginya, karena kemulian hati inilah orang tersebut lalu bertobat dan masuk Islam.
untuk mencontoh perilaku Rasul mungkin saya belum bisa, jadi saya ikuti saja saran kedua untuk menyalurkan energi kemarahan itu di bidang lain yang lebih positif, semua amarah saya tumpahkan diblog ini,maka jadilah posting tiap hari meski saya yakin seringkali postingan itu tiada isi, tetapi hasilnya saya agak sedikit lupa dengan masalah saya didunia nyata dan hasil positif lainnya Tante alexa lumayan udah di 148 ribuan.
untuk semua rekan-rekanku aku nggak pernah membenci kalian
Iklan

Diterbitkan oleh

36 tanggapan untuk “>Jangan membenci orang yang berbuat jahat kepadamu”

  1. >Sabar dan doakan dengan Surat Al-Fatihah, akan membuat mereka berbalik baik kepada Bang Munir, lakukan sebanyak-banyaknya, kejahatan dibalas kebaikan mengapa tidak, semuanya untuk kebaikan bersama! Selamat menikmati liburan!

  2. >Saya pernah membaca sebuah Buku Ibrahim bin Adham yang banyak memberikan pembelajaran kepada kita, bahwa kebencian bisa dibalas dengan cinta kasih. Memang, seorang Sufi seperti beliau sudah melakukan latihan spiritual yang sangat berat untuk mencapai tingkat tersebut. Namun, yang dicapai adalah kedamaian hati dan ketenangan batin. Dikotomi menang-kalah , yang menghasilkan kebencian demi kebencian, hanya membawa kita pada keresahan lahir dan batin. Berkompetisi dengan orang lain, berarti juga kita harus menghancurkan orang lain, walaupun itu diperhalus hanya pada tataran ‘nilai ulangan’ , ‘ranking’ atau ’sertifikat cum laude’ misalnya. Akhirnya, semua ini hanya menghasilkan serentetan permusuhan, dan tinggal menunggu waktu saja, sebelum mereka yang kalah balas dendam terhadap yang menang, untuk kemudian menjadi pemenang yang baru. Lingkaran balas dendam itu akan berlangsung terus tanpa akhir, jika tidak dihentikan. Dunia yang sekuler sekarang ini, hanya menghasilkan ‘manusia pembenci’, bukan ‘manusia pencinta’. Mengapa tidak kita rubah semua ini? Latihan spiritual para sufi sudah menunjukkan, bahwa menghilangkan kebencian dan nafsu untuk menghancurkan orang lain adalah sangat mungkin. Sudah waktunya kita tanggalkan mentalitas aristokrasi, dan kembali pada pesan para bijak bestari dari timur tersebut.Salam Taksim

  3. >Sabar dalam menghadapi cacian dari orang lain….sulit…namun hasilnya kan menenteramkan hati….meski aku sendiri tak yakin bisa melakukannya…Tante Alexaku doyan makan, so masih bengkak aja sampai sekarang…:D

  4. >makasih pencerahannya, aq berusaha sebisa aq u/ tidak membenci orang yg benci ama aq, karena aq g ingin api dibalas dengan api, aq ingin bisa menjadi air yg bisa memadamkan api

  5. >Sesungguhnya teladan kesabaran dari Rasulullah, SAW adalah sebaik-baik contoh bagi umatnya. Tetap positif dalam segala hal. Semangat, bang! Selamat, alexanya kian ramping saja nih.

  6. >Semua pernah mengalami Bang, membenci merupakan penyakit hati yang menyiksa diri sendiri, biarlah mereka membenci , kita doakan saja semoga dirinya gak tersiksa.Kita akan enjoy saja karena dihati kita tanpa ada rasa benci, dan berpikir positif.

  7. >Saya setuju dengan perkataan kang munir "Jangan membenci orang yang berbuat jahat kepadamu" Sungguh mulya kalau ada orang yang seperti ini.. Saya rasa kang munir salah satu dari orang tersebut…Oia Kang, Kenal sama Brian? Dia Bilang krmen Blog saya masuk 58 website dan blog referensi di seluaruh dunia.. Akang ada infonya?

  8. >Betul Bang.., daripada memikiran hal yg membuat kita merasa sedih atau benci.., mending kita alihkan aja perhatian kita pada blogging. Selain mengurangi dosa, kita juga dapat banyak hal positif..!

  9. >Kirain tadi salah alamat 🙂 selamatan rumah barunya udah belum mas? ;)Semoga Allah selalu melindungi mas Munir. Dan kelapangan hati, serta keluasan fikiran ada selalu bersama.

  10. >Saya selalu mengunjungi blog mas munir setiap online, muskipun asal posting tapi saya menilai mas munir orangnya kreatif,kreatif dan punya ide dalam menulis.

  11. >tidak mudah memang utk tdk marah atau membenci orang2 yg telah menghina kita.perlu kesabaran yg tinggi dan kebijaksanaan dlm sikap.Semoga Allah swt selalu memberikan kita kesabaran dlm menghadapi permasalahan dlm dunia ini.salam

  12. >Dalam Al-Quran juga sudah dijelaskan kita tidak boleh membenci orang yang membenci kita, walaupun semua itu sangat susah kita lakukan. Tetapi ini akan menjadi ujian yang sangat bagus buat kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s