>5 Cara Agar Berhasil Belajar Otodidak

>Kadang Kita memerlukan seorang guru atau pembimbing untuk mahir tentang sesuatu, namun jika tidak ada orang lain yang bisa membimbing atau mengajari kita , tidak ada salahnya kalau kita belajar sendiri melalui buku atau otodidak. Kita ambil contoh berapa banyak sahabat blogger, yang meski bukan sarjana TI , tapi dengan belajar sendiri maka kemampuannya dalam bidang, HTML, CSS, dan PHP ataupun Joomla setara dengan para Lulusan TI.

Adapun cara belajar otodidak yang bagus adalah:

1.  Pertama tetapkan list/daftar hal  yang akan ada pelajari

Anda harus mempelajari sesuatu berdasarkan kebutuhan anda , jadi jangan melenceng ke mana-mana, agar tidak melenceng maka perlu menetapkan list/daftar yang akan anda pelajari, mulai dari gampang sampai ke hal yang sulit.Jadi satu demi satu, sehingga setelah mahir mempelajari yang mudah maka anda pasti akan bersemangat mempelajari hal berikutnya yang lebih sulit, Misalnya :
a. Membuat blog
b. Mendesign Teemplate
c.Belajat HTML
d.SEO
e. PHP
f. Ajax
g. Joomla

Pertama anda mempelajari membuat blog, dan ketika anda bisa membuat blog maka anda akan bersemangat untuk melangkah ke arah mendesign template demikianlah seterusnya jadi anda harus menetapkan daftar yang harus anda pelajari.

2. Pelajari satu demi satu

Saat belajar TI anda harus fokus pada satu hal sesuai dengan daftar yang anda bikin sebelumnya,  karena jika belum mahir betul satu hal , jadi pelajarilah sampai anda betul-betul mahir lalu melangkah ke hal selanjutnya, karena jika belum ada dasar sama sekali maka anda malah akan pusing karena Pilihan begitu banyak. Jika anda kesulitan silahkan buka SE dan banyak sekali rujukan yang telah ditulis oleh para ahli TI.

3. Banyak solusi untuk semua hal

Jika anda telah mahir tentang suatu hal jangan menganggap hal itulah yang paling benar, karena banyak solusi untuk sebuah masalah, jangan menolak untuk mempelajari hal lain ketika anda telah mahir dengan PHP karena kadang anda perlu mempelajari Ajax untuk membuat sebuah Aplikasi.

4. Semangat dengan tantangan baru.

Di dalam dunia TI semakin banyak anda pelajari semakin banyak tantangan yang anda hadapi, dengan tantangan tersebut anda malah akan lebih bersemangat dalam mengeksplorasi hal-hal baru yang belum anda ketahui dan dengan mengeksplorasi tantangan tersebut maka pengetahuan TI anda akan lebih berkembang.

5. Simpan Hasil pelajaran anda

Anda bisa menyimpan hasil belajar anda dalam blog atau menyimpannya dalam file di komputer anda , karena bukan tidak mungkin suatu saat anda lupa dengan hal tersebut ,meski banyak rujukan di Internet  tapi mungkin suatu saat blog atau website anda telah di suspend atau hilang maka anda telah punya dokumentasinya

Sumber  : PC Plus 340 2010 dengan beberapa perubahan

Iklan

Diterbitkan oleh

15 tanggapan untuk “>5 Cara Agar Berhasil Belajar Otodidak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s