>Resiko Banyak Jajan di luar rumah

>

  Inilah makanan Favorit saya tiap hari
Pada umumnya kebiasaan yang sering menjadi masalah adalah kebiasaan makan di kantin atau warung di sekitar sekolah dan kebiasaan makan fast food. Makanan jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan dan tempat-tempat keramaian umum lain yang langsung dimakan atau dikonsumsi tanpa pengolahan atau persiapan lebih lanjut. Jajanan kaki lima dapat mejawab tantangan masyarakat terhadap makanan yang murah, mudah, menarik dan bervariasi. Anak-anak sekolah umumnya setiap hari menghabiskan ¼ waktunya di sekolah.  Mereka lebihterpapar pada makanan jajanan kaki lima dan mempunyai kemampuan untuk membeli makanan tersebut. Menariknya,makanan jajanan kaki lima menyumbang asupan energi bagi anak sekolah sebanyak 36%, protein 29% dan zat besi 52%. Karena itu dapat dipahami peran penting makanan jajanan kaki lima pada pertumbuhan dan prestasi belajar anak sekolah.

Namun demikian, keamanan jajanan tersebut baik dari segi mikrobiologis maupun kimiawi masih dipertanyakan. Pada penelitian yang dilakukan di Bogor telah ditemukan Salmonella paratyphi type A di 25% – 50% sampel minuman yang dijual di kaki lima. Penelitian lain yang dilakukan suatu lembaga studi di daerah Jakarta Timur mengungkapkan bahwa jenis jajanan yang sering dikonsumsi oleh anak-anak sekolah adalah lontong, otakotak, tahu goreng, mie bakso dengan saus, ketan uli, es sirop, dan cilok. Berdasarkan uji lab, pada otak-otak dan bakso ditemukan borax, tahu goreng dan mie kuning basah ditemukan formalin, dan es sirop merah positif mengandung rhodamin B. Selain cemaran mikrobiologis, cemaran kimiawi yang umum

ditemukan pada makanan jajanan kaki lima adalah penggunaan
bahan tambahan pangan (BTP) ilegal seperti:
 Borax (pengempal yang mengandung logam berat Boron)
 Formalin (pengawet yang digunakan untuk mayat)
 Rhodamin B (pewarna merah pada tekstil)
 Methanil yellow (pewarna kuning pada tekstil).
Bahan-bahan ini dapat terakumulasi pada tubuh manusia dan bersifat karsinogenik yang dalam jangka panjang menyebabkan penyakit-penyakit seperti antara lain: kanker dan tumor pada organ tubuh manusia. Belakangan juga terungkap bahwa reaksi samping makanan tertentu ternyata dapat mempengaruhi fungsi otak termasuk gangguan perilaku pada anak sekolah. Gangguan perilaku tersebut meliputi: gangguan tidur, gangguan konsentrasi,gangguan emosi, hiperaktif dan memperberat gejala pada penderita autism. Pengaruh jangka pendek penggunaan BTP ini
menimbulkan gelaja-gejala yang sangat umum seperti: pusing,mual, muntah, diare atau bahkan kesulitan buang air besar.
Kebanyakan makanan yang dijajakan oleh PKL umumnya tidak dipersiapkan dengan secara baik dan bersih. Kebanyakan PKLmempunyai pengetahuan yang rendah tentang penanganan pangan yang aman, mereka juga kurang mempunyai akses terhadap air bersih serta fasilitas cuci dan buang sampah.
Terjadinya penyakit bawaan makanan pada jajanan kaki lima dapat berupa kontaminasi baik dari bahan baku, penjamah makanan yang tidak sehat, atau peralatan yang kurang bersih,juga waktu dan temperatur penyimpanan yang tidak tepat.
Berdasarkan pengalaman sendiri karena jujur saya sebagaian besar makan di luar karena jarak sekolah saya yang begitu jauh dari rumah, meski tubuh bertambah gemuk , namun terasa tidak fit dan berbagai macam keluhan-keluhan kecil mulai muncul, seperti sering migrain, tangan kesemutan, sering susah BAB dan gejala-gejala lainnya, jadi buat rekan blogger , biasakanlah makan di rumah sendiri atau kalau bisa bawa bekal sendiri dari rumah yang memang terjamin kesehatannya
Iklan

Diterbitkan oleh

46 tanggapan untuk “>Resiko Banyak Jajan di luar rumah”

  1. >Memang paling aman makan di rumah aja. Buatan sendiri, prosesing dan bahannnya kita tahu aman. Ya gak pak Munir. Sesekali jajan sih gak apa-apa, asal jangan keseringan. Nice share.

  2. >Ya nih jadi ingat waktu masih sekolah….Aku pasti ketahuan kalau jajan di sekolah karena habis tu aku pasti sakit.. Jadinya kapok dah mau jajan di sekolah karena ga sehat gitu. Oya udah di jawab pertanyaannya….

  3. >Memang susah kalau sudah terbiasa jajan di luar…tapi kadang banyak sekali resiko dari jajan di luar itu,,,, seperti di kutip dia atas banya jajanan yang menambahkan bahan2 pengawaet , pewarna dll. yg secara tidak langsung akan membahayakan bg pembeli….!!Jadi yg suka jajan di luar hati2 dalam memilih makanan…!!!Good blog and good post.thanks

  4. >itu apa toh Sob? baso tapi kaya ketoprak au belum pernah makan yg kaya gtu hhe…klo aku sih biasanya makan Soto klo diluar rumah Sob…emank bener tuh klo tempat kerja jauh dari rumah repot hhe…..klo deket kan bisa pulang makan ya Sob….Aku setuju tuh Sob….banyak banget jajanan yg ga aman untuk anak2 …. di TV aku sering bgt tuh Ng'liat bahan2 yg dipake beresiko tinggi semua…….malah ada yg ga layak untuk dikonsumsi….mesti lebih selektif kayanya Sob….!!!mending kita bawa bekel aja dari rumah..hhe….Suskes slalu Sobat!!!

  5. >gara2 banyak makan jajanan kayak ciki-ciki si sulung kenan pembengkakan kelenjar ginjal, jajanan yg banyak mengandung kimia membuat kelebihan zat kimia. kalau kambuh ampuun dah nangis semalaman

  6. >Betul memang kalo jajan diluar kurang baik, krn kita gak tau pengolahan bahan dan proses memasaknya itu. tampaknya kita harus lebih teliti dalam membeli makanan diluar.

  7. >saya sedang belajar lebih disiplin dalam soal makanan mas,tidak makan fast food,soft drink ^^sebisa mungkin kalo pun harus jajan diluar,saya pilih banget.

  8. >Terimakasih banyak utk info ttg kesehatan ini, MAs.untungnya kami sekeluarga tdk suka dgn junk-food , kalau memang tdk bisa makan di rumah dan terpaksa hrs makan diluar, biasanya kami memilih makanan yg agak bernuansa rumahan juga .salam

  9. >dulu saya ingat waktu msh SD, kita jajan dluar dgn makanan yg disajikan dari roda" kecil, memang waktu itu tidak terpikirkan bahaya"nya, tp skr bs untuk jd bahan kelak untuk anak" saya 🙂

  10. >wah,,,sayah juga sering jajan di luar…cuma sayah jarang beli es2 gituan dan makanan ringan like cimol dan kawan2,,,sayah sering jajan di luar seperti cafe sego kucing saja….hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s