>Supervisi haruskah menjadi momok menakutkan buat seorang guru Baru

>

Supervisi  guru adalah salah satu tugas yang paling penting dari seorang Pengawas dan Kepala Sekolah . Kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk membantu guru dalam Pengembangan profesi mereka, dan sebaliknya . Kepala sekolah atau Pengawas  adalah aset bagi seorang guru. Mereka dapat membantu guru mengenali kelebihan  dan kekurangan guru dalam hal Proses Belajar mengajar serta Administrasi  , Pengawas dan Kepala Sekolah akan membantu guru memperkuat  kelemahan .  pengawas memainkan peran penting dalam memotivasi guru dan membantu guru mengembangkan kompetensi serta  keterampilan instruksional nya. 
Ada beberapa pendekatan yang digunakan oleh Pengawas dan Kepala Sekolah dalam  mensupervisii guru mereka. Seorang supervisor yang dapat menggunakan kontrol langsung, kontrol tidak langsung  atau kolaborasi untuk mengawasi guru nya.

Kepala sekolah menggunakan kontrol langsung (Supervisi Kelas) pengawasan sebagai metode untuk lebih mengenal kreativitas serta kemampuan guru-gurunya dalam mengelola PBM . Digunakan ketika Kepala Sekolah atau Pengawas ingin melihat langsung kinerja guru dalam kelas secara langsung. Pengawas atau kepala sekolah akan menggunakan jenis pengawasan ini ketika guru tidak sesuai antara adminstrasi dengan  kinerjanya di dalam kelas dan ketika guru apatis terhadap pekerjaan.

Pendekatan Tidak langsung  adalah jenis Supervisi yang digunakan ketika guru memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Seorang guru yang menerima jenis Supervisi  biasanya memiliki pengelolaan kelas yang baik dan keterampilan pengajaran, guru yang  mampu menciptakan berbagai metode pengajaran dan rencana. Pembelajaran yang baik  , Di dalam  jenis supervisi ini Pengawas  atau  kepala sekolah tidak menyisipkan ide-ide nya kecuali secara khusus bertanya.

Kolaborasi adalah jenis lain dari pengawasan yang digunakan oleh Supervisor. Kepala sekolah menggunakan jenis pengawasan untuk memecahkan masalah, bernegosiasi secara  langsung. Kepala sekolah dan guru merumuskan  ide-ide tentang bagaimana untuk memecahkan masalah dengan bekerja bersama.

Saya pikir supervisi kolaborasi  adalah jenis supervisi  terbaik  yang seorang pelaku dapat gunakan. Hal ini memungkinkan guru untuk mendapatkan  masukan. Hal ini juga memungkinkan kepala sekolah dan guru untuk mengembangkan hubungan lebih erat baik sebagai partner ataupun bawahan dan atasan. Itu membuat guru merasa lebih baik  dengan mengetahui bahwa kepala sekolah atau atasan mereka menghormati pendapat mereka. Namun,  tidak ada  jenis  supervisi yang universal  atau  baku itu tergantung metode Kepala sekolah atau pengawas yang harus mengevaluasi guru dan lingkungan kerja dan menentukan jenis kepemimpinan yang diperlukan oleh guru

Jadi buat teman-teman yang akan di supervisi minggu ini semangat dan jangan menganggap supervisi sebagai hantu yang menakutkan , karena dengan supervisi kita akan mengetahui kelemahan dan kelebihan kita dalam proses belajar mengajar serta administrasi (RPP, Silabus, KKM, Analisis). Saya sendiri yang merupakan Urusan Pengajaran harus di supervisi oleh Kepala Sekolah Hari Jumat kemarin
nb: Ditulis untuk semua rekan guru yang masih khawatir dengan supervisi kelas yang akan mereka hadapi minggu ini 


Iklan

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s